gampongcotseunong.desa.id

SISTEM KEPEMIMPINAN PADA ETNIS ACEH

Aceh adalah merupakan nama sebuah kelompok etnis yang mempunyai karakteristik yang unik, berbeda dengan kelompok etnis lain yang ada di Indonesia. Daerah Aceh, berada di Pulau Sumatera ujung utara. Hitungan nol kilometer wilayah paling barat Republik Indonesia dimulai dari Daerah ini. Selain itu, di wilayah Aceh pula terdapat Selat Malaka, yang merupakan salah satu jalur tersibuk dalam jaringan pelayaran internasional. Dengan demikian, Aceh memiliki nilai strategis yang tinggi dari sudut pandang ekonomi, politik, pertahanan, dan keamanan.http://sumberagung.com

Etnis Aceh seringkali menyebut dirinya sebagai ureueng Aceh (orang Aceh) yang memiliki budaya tersendiri dalam bertingkah laku, bersikap, beradat, berbudaya, dan sebagainya. Ureueng Aceh, menurut sebuah sumber, berkarakter keras, tidak mau begitu saja didikte, tidak cepat menyerah hampir dalam semua kesempatan dan teguh dalam menghadapi masalah. bahwa adat tata kelakuan masyarakat Aceh identik dengan nilai-nilai budaya Islam. Pada bagian lain Sufi mengatakan bahwa salah satu karakteristik budaya masyarakat Aceh adalah suka melakukan tueng bila, maksudnya menuntut bela. Jika ia secara keluarga dimatikan sehingga tumpahnya darah (luka) atau tewas (hilangnya nyawa), maka akibatnya akan terjadi seperti yang terdapat di dalam narit maja: darah ta sukat nyawa ta dhiet (jika luka diukur keparahannya kalau mati harus bayar diet (pampasan darah atau nyawa).

Selain seperti yang telah disebutkan, ureueng Aceh juga memiliki karakteristik lain. Salah satu yang khas adalah sistem kepemimpinan. Dalam struktur pemerintahan di Aceh pada masa dahulu dikenal adanya lapisan masyarakat yang disebut sebagai lapisan pemimpin adat, pemimpin keduniawian atau kelompok elite sekuler. Pemimpin elite sekuler dan pemimpin adat memimpin bersama-sama dalam sebuah gampong, misalnya, terdapat keuchik (yang memimpin dalam hal pemerintahan) dan imeum meunasah (yang memimpin dalam hal agama). Sistem ini mempunyai kearifan lokal yang sesuai dengan budaya Aceh.

Apabila dibandingkan juga dengan dunia Barat, sistem kepemimpinan dalam masyarakat Aceh berbeda. Dalam dunia Barat, kekuasaan adalah kemampuan untuk memaksakan kehendak pada orang lain, untuk membuat mereka melakukan tindakan-tindakan yang dikehendaki. Kekuasan terdiri dalam hubungan tertentu antara orang-orang ataupun kelompok orang dimana salah satu pihak dapat memenangkan kehendaknya terhadap yang satunya. Oleh karena itu, dirasa perlu untuk menampilkan kembali bentuk-bentuk kepemimpinan Aceh yang ideal agar dapat dikenal dan diketahui oleh kalangan masyarakat secara luas, baik formal maupun informal.

Pemimpin adalah seorang yang memiliki kecakapan tertentu yang dapat mempengaruhi para pengikutnya untuk melakukan kerjasama kearah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. bahwa pemimpin dipengaruhi oleh kebutuhan-kebutuhandan harapan-harapan dari para anggota kelompok.Dengan demikian jelas bahwa pemimpin perlu memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan anggota lainnya. Kelebihan yang dimiliki beraneka ragam di antaranya adalah : kelebihan moral atau akhlak, semangat kerja, kecerdasan, keterampilan dan keuletan. Dalam menjelaskan mengenai konsepsi pemimpin dan kepemimpinan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan diantaranya adalah:

  1. Kekuasaan, yaitu kewenangan untuk bertindak bagi seorang pemimpin untuk menggerakan para bawahannya agar mau dengan senang hati mengikuti kehendaknya dalam mencapai tujuan yang telah di tentukan sebelumnya.
  2. Kewibawaan,yaitu berbagai keunggulan yang dimiliki oleh seorang pemimpin sehingga membedakan ia dengan yang dipimpinnya, dengan keunggulan tersebut membuat oranglain patuh dan bersedia melakukan kegiatan-kegiatan yang dikehendakinya.
  3. Kemampuan, yaitu keseluruhan daya baik berupa keterampilan sosial maupun keterampilan teknis yang melebihi orang lain.

Berbicara lebih jauh mengenai kelebihan yang perlu dimiliki seorang pemimpin Stogdill menyebutkan bahwa kelebihan-kelebihan tersebut meliputi:

  1. Kapasitas > kecerdasan, kemampuan berbicara, kemampuan menganalisis, dan kewaspadaan yang menyeluruh.
  2. Prestasi (achievement) > memiliki gelar kesarjanaan, ilmupengetahuan, skill / terampil (welltrained), berprestasi dalam bidang olahraga / seni dan lain-lain.
  3. Tanggungjawab > berinisiatif, mandiri, percayadiri dan bermotivasi untuk maju.
  4. Partisipasi > bersosiabilitas yang tinggi, mampu berkomunikasi / bergaul, suka bekerjasama dan mudah menyesuaikan diri serta humoris.
  5. Status > meliputi kedudukan sosial ekonomi yang baik dan dikenal masyarakat luas.
  6. Situasi > meliputi mental, status, keterampilan, kebutuhan, interest, objektif dan sebagainya.

Seorang pemimpin harus memiliki tiga unsur penting untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu kekuasaan, kewibawaan dan popularitas. Walaupun kedua unsur pertama sebagai unsur-unsur terpenting, tanpa unsur yang ketiga, seorang pemimpin tidak dapat melaksanakannya dengan baik dan mantap. Ketaatan pada seorang pemimpin yang tidak popular adala hketaatan yang didasari sikap takut atau karena secara adat oran gmemang harus taat pada pemimpin yang secara resmi telah mendapat kewenangan.

Menurut Koentjaraningrat, pengaruh yang besar diperoleh dengan adanya sifat-sifat pemimpin sebagai berikut: Sifat-sifat yang disenangi warga masyarakat pada umumnya;

  1. Sifat-sifat yang diidam-idamkan warga masyarakat pada umumnya,yang karena itu akan ditiru;
  2. Memiliki keahlian yang diperlukan dan diakui oleh warga masyarakat;
  3. Pengesahan resmi atau keabsahan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh adat masyarakat;
  4. Sifat yang keramat (kemuliaan), menurut pandangan umum dalam masyarakat;
  5. Memiliki lambang-lambang pemimpin sesuai dengan adat dalam masyarakat;
  6. Memiliki kemampuan untuk menggunakan kekuatan fisik.

———————
artikel selengkapnya bisa anda baca di gampongcotseunong.desa.id

 

SUMBER : gampongcotseunong.desa.id

 

Daftar Desa yang sudah menggunakan domain .desa.id

Share halaman ini melalui :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *