Kelompok Tani Desa Sumberagung

Kelompok Tani, sesuai dengan peraturan menteri pertanian Nomor. 273/Kpts/OT.160/4/2007 didefinisikan sebagai kumpulan petani / peternak / pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan (sosial, ekonomi, sumberdaya) dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota.

Masyarakat Desa Sumberagung sebagian besar berprofesi sebagai petani. Oleh karena itu keberadaan kelompok-tani menjadi sangat penting dan dibutuhkan untuk mewadahi kepentingan para petani, peternak dan pekebun di Desa ini.

Di Desa Sumberagung kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan ada beberapa kelompok – tani yang mewadahi seluruh petani, peternak dan pekebun yang meliputi warga dusun sumberagung dan dusun Betiring. Kelompok tani tersebut tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani atau yang biasa disebut dengan akronim GAPOKTAN. 

Definisi Gabungan kelompok_tani (GAPOKTAN) menurut peraturan menteri pertanian Nomor 273/Kpts/OT.160/4/2007 adalah kumpulan beberapa kelompok-tani yang bergabung dan bekerja sama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha. Berpijak pada peraturan menteri pertanian tersebut maka dibentuklah Gapoktan yang kemudian diberi nama Kidang Mas. Gapoktan Kidang Mas inilah yang mengkoordinir dan mengakomodir kepentingan kelompok-tani yang ada.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa dibawah gapoktan kidang mas terdapat kelompok#tani yang tergabung, antara lain;

1. Poktan Kidang Mas : Anggota kelompok*tani ini adalah masyarakat petani yang ada di Dusun Betiring.

2. Poktan Trisno Kumpul : Anggota kelompok tani ini adalah masyarakat petani Dusun Sumberagung khususnya RW. 01

3. Poktan Rukun Kumpul : anggotanya adalah masyarakat petani yang ada di RW. 02  dusun Sumberagung.

 

Share halaman ini melalui :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *